Apa itu Load Balancing ?

Apa itu Load Balancing ? – Pada artikel kali ini akan mengupas secara lengkap mengenai dasar-dasar load balancing. Load Balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi. Berikut adalah gambaran Load Balancing :
 
Load Balancing
Alasan menggunakan Load Balancing :

1. Waktu respon, manfaatnya adalah untuk meningkatkan kecepatan akses website saat di buka. dengan dua atau lebih server yang saling berbagi beban lalu lintas web maka akan lebih cepat karna tidak bertumpu hanya dengan satu server saja.

 
2. Redudansi, contohnya jika website kita sedang berjalan seimbang di beberapa server dan salah satu server mempunyai masalah maka kita masih mempunyai server yang lain dan proses pengaksesan pun tidak terhambat dan para pengunjung web pun tidak menyadari bahwa salah satu server sedang mengalami ganguan.
 
Banyak orang beranggapan bahwa dengan menggunakan Load Balance dua jalur koneksi, maka besar bandwidth yang akan kita dapatkan menjadi dua kali lipat dari bandwidth sebelum menggunakan loadbalance. Sebenarnya Load Balance tidak akan menambah besar bandwidth yang kita peroleh, tetapi hanya bertugas untuk membagi trafik dari kedua bandwidth tersebut agar dapat terpakai secara seimbang.

Cara Kerja Load Balancing :

Gunakan beberapa peralatan yang sama untuk menjalankan tugas yang sama, hal ini memungkinkan pekerjaaan di lakukan dengan lebih cepat di bandingkan hanya satu peralatan saja dan dapat meringankan beban pekerjaan, dan mempercepat waktu respon. Disaat Load Balance menerima permintaan layanan dari user, maka permintaan tersebut akan diteruskan ke server utama. Biasanya Load Balance dengan pintar dapat menentukan server mana yang memiliki load yang lebih rendah dan respons yang lebih cepat. Bahkan bisa menghentikan akses ke server yang sedang mengalami masalah dan hanya meneruskannya ke server yang dapat memberikan layanan. Hal ini salah satu kelebihan yang umumnya dimiliki Load Balance, sehingga layanan seolah olah tidak ada gangguan di mata pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Software dan Hardware Load Balancing :

1. Kelebihan Load Balance Software :
* Lebih murah.
* Beberapa software aplikasi memiliki banyak pilihan konfigurasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

2. Kekurangan Load Balance Software :
* Sebagian besar aplikasi tidak dapat menangani situs besar atau jaringan kompleks.
* Paket aplikasi yang akan mendukung sistem yang lebih besar memerlukan jumlah hardware lebih banyak.

1. Kelebihan Load Balance Hardware :
* Pendekatan biasanya lebih kuat dari pilihan perangkat lunak.
* Proses lalu lintas pada tingkat jaringan, yang secara nominal lebih efisien daripada dekripsi perangkat lunak.
* Bekerja dengan banyak OS atau platform.

2. Kekurangan Load Balance Hardware :
* Biaya lebih mahal dibandingkan menggunakan software Load Balance.

Kelebihan dan Kekurangan Load Balance secara menyeluruh :

Kelebihan Load Balance :
1. dapat membagi pekerjaan secara merata kepada server layanan utama.
2. lebih murah.
3. sebagai pintu masuk keada layannan yang ada
4. meminimalisir waktu down dari layannan dan menyediakan ketersediaan layannan setiap saat
5. mempercepat akses layannan, karna dapat mengarahkan permintaan layannan ke server yang memilih respon cepat.

Kelemahan Load Balance :
1. Load Balance akan menambah biaya karna memerlukan dua atau lebih server.
2. Jika server induk bermasalah, semua sistem virtual yang ada di dalam nya tidak bisa di gunakan.
3. Penempatan semua data dalam satu server akan menjadi target serangan virus atau pun seorang hacker, apabila hacker tersebut dapat menembus ke dalam server-server virtual dengan cara kumpulan informasi yang ada pada server induk maka di pastikan hacker tersebut akan menguasainya.

Demikian artikel kali ini tentang Pengertian Load Balancing,, Semoga Bermanfaat bagi para pembacanya dan Terima Kasih sudah berkunjung 🙂

Incoming search terms:

Apa itu Load Balancing ? | sirot | 4.5