Cara Melakukan Terminasi Kabel Fiber Optic

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan terminasi kabel fiber optik,
Terminasi adalah sebuah teknik memasang konektor di ujung kabel fiber optic. Proses terminasi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan mengingat kabel fiber optic diameternya sangat kecil. Sebelum mulai menjelaskan cara melakukan terminasi kabel fiber optic, sebelumnya saya akan menjelaskan proses awal yang harus anda lakukan.
Proses terminasi konektor fiber optik dimulai dengan mengupas jaket kabel dengan suatu alat yang dikenal sebagai stripper, lalu core fiber optik dipotong dengan alat scribe. Selanjutnya core fiber optik dimasukkan ke dalam konektor, yang selanjutnya direkat dengan lem epoxy. Setelah kering, epoxy ini akan dipanaskan dalam oven, untuk selanjutnya fiber optik dipoles dengan lapping film.

Selanjutnya, Alat-Alat yang dibutuhkan :

  1. Kabel Fiber Optic yang akan diterminasi
  2. Konektor (konektor SC)
  3. Tang Krimping khusus kabel Fiber Optic
  4. Mikroskop
  5. Suntikan
  6. Alkhohol
  7. Koin Pengamplas
  8. Bolpen pemotong core
  9. Amplas
  10. Lakban fungsinya untuk menempelkan sisa potongan core
1. Kelupas kulit terluar kabel fiber optik dalampembungkus kabel hitam sepeti gambar dibawah, jangan lupa sisakan kabel yg berwarna biru.

Cara Melakukan Terminasi Kabel Fiber Optic

2. Kemudian oleskan alkohol pada bagian kabel fiber optik warna biru untuk membersihkan gel yang ada pada permukaan kabel fiber optik itu.

3.Kelupas kabel fiber optik warna biru tersebut, caranya bisa menggunakan cutter, hati2 jangan sampai kabel fiber optik bagian dalam terkena.

4.Terlihat isinya berupa kabel fiber optik dengan jumlan 4 helai seperti helai rambut . hati-hati  jangan sampai patah , coba oleskan juga alcohol agar helai itu tidak menyatu, coba pisahkan masing-masing helai itu, dimana berupa helai dengan warna : biru,hijau,orange dan coklat.

5. Didalam lapisan helai itu adalagi lapisan kaca tapi belum core/inti fiber nya. untuk itu diperlukan alat pengupas seperti di bawah ini.

Cara Melakukan Terminasi Kabel Fiber Optic
6. Kupas perlahan lahan kulit pembungkus helai itu dengan alat pengupas.
7. Setelah terkupas anda siapkan lem untuk fiber nya. terdiri dari 2 cairan, satunya di oleskan ke fiber nya dan satunya di suntikkan ke konektor nya.kemudian perlahan-lahan anda masukkan fiber nya ke konektor, ingat jangan sampai terlambat, jika terlambat maka lem nya akan mengering dan fiber tidak bisa di tarik lagi.
8. Setelah itu silahkan potong fiber nya menggunakan pemotong yang sudah disediakan. jika hasil potongannya bagus maka kemungkinan peluang menggosok-gosoknya tidak lama.
9. Terakhir, coba teropong menggunakan microscope untuk melihat hasil potongan/gosokan fiber yang sudah dilakukan tadi.
10. Pasang konektor, kemudian siapkan  alas dan alat penggosoknya serta teropong.
11. Jika cara memotongnyaa bagus, maka waktu menggosoknya mungkin tidak membutuhkan waktu lama , jika sempurna ,maka hasil teropongnya terdapat 1 lingkaran luar dan 1 lingkaran dalam yang utuh bulat nya.
Sekian artikel saya kali ini tentang Cara Melakukan Terminasi Kabel Fiber Optic, Terima Kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba 🙂

Incoming search terms:

Cara Melakukan Terminasi Kabel Fiber Optic | sirot | 4.5