Firewall (Tembok Api)

Firewall (Tembok Api) – Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian firewallKata kunci pada Firewall adalah wall yang berarti dinding. Fungsi dinding adalah melindungi segala sesuatu di dalam dinding tersebut. Jadi fungsi Firewall pun sama, yaitu melindungi komputer atau jaringan dari akses komputer lain yang tidak memiliki hak untuk mengakses pada jaringan Anda. Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan komputer yang digunakan untuk mengamankan dan melindungi komputer dari berbagai serangan dari komputer luar. Maksudnya adalah sistem yang dapat melakukan penyaringan pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadap lalu lintas yang dianggapnya tidak aman.
Firewall (Tembok Api)
Seperti kita ketahui sistem operasi seperti windows dan linux memiliki kemampuan jaringan yaitu menghubungkan dua atau lebih komputer untuk saling berkomunikasi dan menggunakan sumber daya jaringan seperti printer, scanner dan alat-alat lainnya termasuk koneksi internet. Untuk itu diperlukan sebuah mekanisme atau aturan untuk membatasi akses sebuah komputer ke komputer lain dan sumber daya jaringan lainnya. Untuk itu perlu diinstall Firewall dalam jaringan tersebut. Cara yang paling banyak digunakan adalah menginstall perangkat lunak atau software Firewall seperti Sygate Firewall, McAfee, BitDefender. Anda dapat juga menggunakan antivirus,biasanya antivirus sudah memiliki fasilitas firewall.
Atau menggunakan perangkat keras Firewall. Tentunya alat ini memiliki kelebihan dan kemampuan yang lebih canggih dan efisien dalam membatasi akses ke jaringan dibanding berupa perangkat lunak. Namun harganya relative lebih mahal jika dibanding dengan software. Berikut ini adalah contoh gambar hardware Firewall dari Cisco :
Firewall (Tembok Api)

Cara Kerja jika menggunakan Firewall :

1. Semua jaringan komunikasi melewati Firewall
2. Hanya lalu lintas yang resmi diperbolehkan oleh Firewall
3. Memiliki kemampuan menahan serangan internet.


Fungsi Firewall di dalam jaringan adalah sebagai berikut :

1. Packet Filtering : memeriksa header dari paket TCP/IP ( tergantung arsitektur jaringannya, dalam contoh ini adalah TCP IP ) dan memutuskan apakah data ini memiliki akses ke jaringan.

2. Network Address Translation ( NAT ) : biasanya sebuah jaringan memiliki sebuah IP public dan di dalam jaringan sendiri memiliki IP Address tersendiri. Firewall berfungsi untuk meneruskan paket data dari luar jaringan ke dalam jaringan dengan benar sesuai IP komputer lokal.

3. Application Proxy : firewall bisa mendeteksi protocol aplikasi tertentu yang lebih spesifik.

4. Traffic Management : mencatat dan memantau trafik jaringan.

Manfaat Firewall :

1. Menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna di jaringan mengirim file rahasia yang disengaja maupun tidak disengaja kepada pihak lain.


2. Mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi file.

3. Memodifikasi paket data yang datang dari Firewall. Proses ini disebut NAT (Network Address Translation), dimana IP Address disembunyikan dibalik suatu alamat IP tertentu.

Demikian artikel kali ini tentang pengertian dan mengenal Firewall (Tembok Api),, Terima kasih sudah berkunjung,, Semoga bermanfaat bagi para pembacanya 🙂
Firewall (Tembok Api) | sirot | 4.5