Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station)

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai fungsi BTS. Pertanyaannya adalah apa itu BTS ??
BTS singkatan dari (Base Transceiver Station), adalah perangkat yang fungsinya memfasilitasi komunikasi wireless antara perangkat dengan user equipment (UE). UE merupakan perangkat yang digunakan pengguna misalnya ponsel, telepon WLL, komputer dengan aktifitas internet nirkabel, Wifi, WiMAX. BTS juga biasa disebut sebagai Radio Base Station atau node B di dalam jaringan 3G. Meskipun istilah BTS dapat di terapkan ke salah satu komputer standar komunikasi nirkabel, umumnya terkait dengan teknologi komunikasi mobile seperti GSM dan CDMA. Berikut gambar BTS :
Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station)
Fungsi BTS adalah  komponen jaringan dari sistem komunikasi yang menerima dan mengirim sinyal. BTS dikendalikan oleh pengontrol base station. Kebanyakan orang awam menyebut BTS adalah menara sinyal atau SUTET padahal sangat berbeda, karena SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) merupakan penyalur energi listrik yang jauh dari pusat pembangkitnya menuju pusat-pusat beban sehingga penyalur energi listrik menjadi lebih efektif dan efisien. BTS memiliki beberapa transceiver (TRXs) yang memungkinkan BTS untuk melayani beberapa frekuensi berbeda dengan sektor yang berbeda pula.dari sel (dalam kasus sectorised BTS). Sebuah BTS dikendalikan oleh kontroller orangtua base station melalui fungsi base station kontrol (BCF). BCF ini dilaksanakan sebagai unit diskrit atau bahkan tergabung dalam TRX di BTS kompak. Para BCF menyediakan operasi dan pemeliharaan  (O & M) koneksi dengan sistem managemen jaringan (NMS), dan mengelola kondisi operasi dari TRX masing-masing, serta penanganan perangkat lunak dan koleksi alarm. Struktur dasar dan fungsi BTS tetap sama tanpa teknologi nirkabel.
 
TOPOLOGI BTS
BTS & handphone sama-sama disebut transceiver (kepanjangan BTS= Base Transceiver Station) karena sifatnya yang sama-sama bisa mengirim informasi & menerima informasi. Pada saat BTS mengirim informasi kepada handphone, saat itu pula handphone juga bisa mengirim informasi kepada BTS secara bersama-sama selayaknya saat kita  mengobrol via telepon kita bisa berbicara bersamaan.Dalam topologinya BTS fungsinya untuk menyediakan jaringan (interface) berupa sinyal radio gelembang elektromagnetik untuk penggunanya dalam hal ini adalah handphone, modem, fax dll. Frekuensinya mengikuti alokasi yang telah diberikan pemerintah kepada operator masing-masing, ada yang di band 450Mhz, 800Mhz, 900Mhz, 1800 Mhz maupun frekuensi diatas itu.Komunikasi dari arah BTS ke pengguna disebut downlink, sedangkan jalur frekuensi yang digunakan mengirim informasi dari pengguna ke BTS disebut uplink. Berikut gambar Topologi nya :
Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station)
 
 
Penyebab dimana frekuensi downlink dibuat lebih tinggi daripada frekuensi uplink, hal ini berhubungan dengan masalah daya yang harus disediakan oleh perangkat pengguna dalam hal ini adalah battery handphone. Dalam ilmu sains semakin tinggi frekuensi maka gangguan (noise) akan semakin besar, sehingga diperlukan daya yang lebih besar agar kualitasnya lebih terjamin. Kalau frekuensi uplink menggunakan frekuensi yang tinggi maka konsekuensinya battery handphone bisa lebih boros dan cepat habis. Makin jauh jarak pengguna handphone ke BTS juga berpengaruh terhadap kebutuhan daya. Hubungan jarak adalah berbanding terbalik dengan kualitas sinyal, makin dekat jarak makin bagus pula kualitasnya. Sebaliknya makin jauh jarak makin berkurang kualitasnya. Efeknya kalau kualitas sinyal handphone yang diterima oleh BTS menurun maka BTS akan memerintahkan handphone untuk menaikkan daya pancarnya, tentu saja pemakaian battery akan cepat habis.
Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station)
 
 
KOMPONEN-KOMPONEN BTS :
 
  • Transceiver (TRX).
  • Power Amplifier (PA).
  • Combiner.
  • Antenna.
  • Duplexer.
  • Alarm extention system.
  • Control Function.
  • Baseband receiver unit.
Demikian artikel kali ini untuk anda yang ingin Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station). Semoga bermanfaat dan menambah ilmu bagi para pembacanya.
Terima Kasih sudah berkunjung 🙂

Incoming search terms:

Mengenal lebih dekat BTS (Base Transceiver Station) | sirot | 4.5