Pengenalan Bandwidth Management

Pengenalan Bandwidth Management – Pada artikel saya kali ini,,saya akan menjelaskan apa itu Bandwidth ManagementBandwidth Management adalah suatu alat yang digunakan untuk mengatur bandwidth yg tersedia sehingga bandwith yang ada bisa di maksimalkan penggunaannya, dan merata sesuai kebutuhannya (klien), dan juga alat untuk mengoptimalkan berbagai jenis jaringan dengan menerapkan layanan Quality Of Service (QoS) untuk menetapkan tipe-tipe lalu lintas jaringan. sedangkan QoS adalah kemampuan untuk menggambarkan suatu tingkatan pencapaian didalam suatu sistem komunikasi data. Maksud dari manajemen bandwidth ini adalah bagaimana kita menerapkan pengalokasian atau pengaturan bandwidth dengan menggunakan sebuah PC Router contohnya Mikrotik. Manajemen bandwith memberikan kemampuan untuk mengatur Bandwidth jaringan dan memberikan level layanan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas sesuai dengan permintaan pelanggan.
 

Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital. Sekarang sudah menjadi umum jika kata bandwith lebih banyak dipakai untuk mengukur aliran data digital.

 
Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah Bits Per Second atau sering disingkat Bps. Seperti diketahui bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari 0 dan 1. satuan ini menggambarkan berapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam setiap detiknya melalui suatu media.
 
Bandwidth memiliki 2 jenis yaitu :
 

1. Bandwidth Digital -> jumlah atau volume suatu data (bit per detik) yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.

 
2. Bandwidth Analog -> perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam saatuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banayaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
Simple Queues
Queues adalah menu pada winbox dimana kita dapat memanagement bandwith pada suatu koputer client yang sesuai dengan keinginan admin. Dimana computer client di batasi akses upload dan download ke jaringan internet. berikut ini contoh manajement bandwidth pada Mikrotik :

Pengenalan Bandwidth Management
 
Demikian artikel kali ini tentang Pengenalan Bandwidth Management, Semoga bermanfaat bagi para pembacanya, Terima Kasih 🙂
Pengenalan Bandwidth Management | sirot | 4.5