Pengertian IP Address dan Kelas-Kelasnya

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari IP Address dan Kelas-Kelasnya, Kelas IP terbagi menjadi 5, namun yang biasa digunakan adalah 4 yaitu kelas A-D. Sebelum mengetahui kelas-kelasnya, alangkah baiknya jika kita tahu definisi dari IP Address itu sendiri.
IP Address adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Pengertian IP Address dan Kelas-Kelasnya
Sistem Pengalamatan dibagi menjadi 2, yaitu :
  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)

Fungsi IP Address ada 2, sebagai berikut :
*Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini diibaratkan seperti metode untuk mengenali orang tersebut.
*Sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi ini diibaratkan seperti metode mencari tahu dimana posisi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address memuat informasi keberadaannya.
IP address menggunakan bilangan 32 bit. Sistem ini dikenal dengan nama Internet Protocol version 4 atau IPv4. Saat ini IPv4 masih digunakan meskipun sudah ada IPv6 yang diperkenalkan pada tahun 1995. Hal ini dikarenakan tingginya pertumbuhan jumlah komputer yang terkoneksi ke internet. Maka dibutuhkan alamat yang lebih banyak yang mampu mengidentifikasi banyak anggota jaringan.
Kelas-Kelas IP Address :
KELAS A , pada kelas A 8 bit pertama adalah Network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah Host Id,kelas A memiliki Network Id dari 0 sampai 127.
KELAS B , pada kelas B 16 bit pertama adalah Network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah Host Id, kelas B memiliki Network Id dari 128 sampai 191
KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah Network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah Host Id, kelas C memiliki Network Id dari 192 sampai 223
KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255
KELAS E,  memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.
Demikian artikel kali tentang Pengertian IP Address dan Kelas-Kelasnya, Terima Kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua 🙂
Pengertian IP Address dan Kelas-Kelasnya | sirot | 4.5