Router vs Bridge dan Perbedaannya

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan mendasar Router dan Bridge terlepas dari cara kerja kedua perangkat ini. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

1. ROUTER
Router vs Bridge dan Perbedaannya

Router adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur rute sinyal atau data yang ada di jaringan komputer sehingga dapat diarahkan menuju ke rute tertentu yang telah diatur sebelumnya dan menghasilkan suatu hubungan antara jaringan komputer itu tersebut. Router juga memiliki kemamupuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lainnya yang memungkinkan banyaknya jalur diantara keduanya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehingga traffic yang dibangkitkan oleh suatu LAN dapat tersaksi dengan baik dari traffic yang dibangkitkan LAN lain.


2. BRIDGE

Router vs Bridge dan Perbedaannya
Bridge adalah perangkat jaringan yang memfilter lalu lintas data pada jaringan komputer dan mengurangi jumlah lalu lintas yang terjadi pada LAN dengan membaginya menjadi dua segmen. Bridge juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan mengirim atau memungkinkan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya. Setelah Bridge menyediakan sambungan antara kedua type LAN yang sama, Dengan pemasangan bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi bagian dari LAN yang lebih besar.

PERBEDAAN ROUTER DENGAN BRIDGE

Untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer satu dengan yang lainnya sebenarnya ada alat selain router,alat tersebut disebut dengan Bridge.

Jika kita melihat cara kerja Router dengan Bridge tidak jauh berbeda,tetapi jika kita melihat secara teknis akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok antara Router dengan Bridge.


Router bekerja pada lapisan ke 3 OSI dan menggunakan skema pengalamatan berdasarkan alamat IP (internet protocol),sedangkan Bridge bekerja pada lapiran ke 2 OSI dan menggunakan skema pengalamatan berdasarkan alamat berdasarkan perangkat keras (MAC Address).


Pertanyaannya adalah KAPAN kita seharusnya  menggunakan Router dan KAPAN saatnya kita menggunakan Bridge ?????


Bridge sebaiknya digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian atau segmen-segmen jaringan yang menjalankan protocol yang sama.


Router sebaiknya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang memiliki segmen-segmen yang berbeda.Secara garis besar,Router lebih canggih dibandingkan Bridge,dan Router juga dapat meningkatkan bandwidth dalam jaringan di mana tempat Router tersebut.


Demikian artikel kali ini tentang Router vs Bridge dan Perbedaannya, baca juga artikel Switch vs Hub dan Perbedaannya
Terima Kasih,, Semoga Bermanfaat 🙂

Router vs Bridge dan Perbedaannya | sirot | 4.5