Switch vs Hub dan Perbedaannya

Setelah sebelumnya kita sudah membahas Perbedaan Router dengan Bridge, pada artikel kali ini kita akan membahas Perbedaan Switch vs Hub, terlepas juga dari cara kerja kedua perangkat ini. Penjelasan lebih lengkapnya sebagi berikut :

 

 
1. Switch

 

    Switch merupakan sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan. Switch mampu memetakan setiap computer dalam jaringan. Namun, switch tidak mengubah format data transmisi.


Switch vs Hub dan Perbedaannya
 

 

 
 
2. Hub

 

    Hub merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai pemusat koneksi atau konsentrator. Dengan kata lain Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim atau di broadcast  ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater).berikut gambar Hub :


Switch vs Hub dan Perbedaannya
3. Switch vs Router
    Switch dan Hub,  sebenarnya keduanya  memiliki fungsi yang sama, tetapi dengan hanya menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub apalagi bila jaringan yang kita punya sangat besar. Switch vs Hub juga sama-sama memiliki beberapa port dari kabel RJ45 yang merupakan suatu tempat untuk terhubungnya antara konektor RJ45 yang terpasang pada ujung kabel jaringan. Untuk dukungan banyaknya port workstation yang bisa saling terhubung tergantung dari jumlah port yang tersedia pada Switch vs Hub tersebut. Dan biasanya port RJ45 yang tersedia pada Switch dan Hub berjumlah 4, 8, 12, 16, 24 port. Pada dasarnya, Hub hanya memiliki 4 sampai dengan 12 port sedangkan untuk Switch umumnya memiliki port yang lebih banyak. Switch dalam kecepatan transfer data pun lebih cepat jika dibandingkan dengan Hub. Hub saat ini semakin ditinggalkan karena harga Switch yang saat ini relatif lebih murah dengan kualitas yang lebih baik.
Demikian artikel kali ini tentang Switch vs Hub dan Perbedaannya, Terima Kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat 🙂
 

Incoming search terms:

Switch vs Hub dan Perbedaannya | sirot | 4.5