Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi bootloop. Mungkin pertanyaan mendasarnya adalah apa itu Bootloop ?? Bootloop merupakan permasalahan yang kerap terjadi dan dialami oleh hampir sebagian besar handphone dengan sistem operasi Android baik itu smartphone ataupun tablet. Sebagai pengguna Android anda pasti sudah banyak mendengar kata-kata ini, bahkan ada juga diantara kalian yang sedang mengalaminya. Bootloop adalah terjadinya error atau masalah pada sistem android dimana sistem operasi tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone, hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan perangkat android anda tidak bisa digunakan.
Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android


Berikut ini Beberapa penyebab bootloop yang terjadi di Android:

  • Android Light Bootloop adalah bootloop yang bertipe ringan dan cukup mudah untuk diperbaiki. penyebab bootloop ini karena kesalahan dalam menginstall apk yang tidak compatible biasanya didapat bukan dari google play ataupun bermain game berat dan memaksakannya dan tiba-tiba Android restart tetapi malah terjadi bootloop. Untuk cara mengatasinya, biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.
  • Android Medium Bootloop adalah bootloop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengoprek sistem pada Android. Bootloop yang terjadi pada tingkat ini masih bisa diselamatkan, karena setidaknya masih bisa masuk ke dalam recovery mode.
  • Android Hard Bootloop adalah bootloop tingkat akhir dimana terjadi akibat ada modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan dan malah merusak file Android. Hal ini biasanya terjadi akibat proses rooting yang salah, mengubah script seperti font, partisi memori, menghapus aplikasi original, salah instal custom rom, dsb.
    Cara mengatasi Bootloop di Android :
    Setelah mengetahui penyebab Boot loop diatas, selanjutnya kita mulai cara mengatasi dan memperbaikinya, dan salah satu cara yang paling diandalkan yaitu dengan melakukan Restore menggunakan Nandroid Backup. Cara Ini bisa untuk mengatasi Light Bootloop dan Medium Bootloop. Untuk dapat mengatasinya dengan cara ini anda diharuskan melakukan Backup data lewat CWM terlebih dahulu.
    Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android
    Berikut Cara Restore dengan Nandroid Backup :
    *Pastikan Android anda sudah di Backup
    *Buka CWM Recovery, jika sudah Bootloop, coba buka dengan cara klik tombol power serta Volume up/down. Pada Lenovo klik tombol power 2 detik, setelah itu klik volume up/down bersamaan! Tidak boleh ada jeda.
    *Setelah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi “Backup and Restore“, gunakan tombol up/down untuk navigasi, dan power untuk klik, Kemudian pilih “Restore
    *Tunggu sampai proses selesai, dan kini Android anda bebas dari Bootloop.
    Cara diatas hanya bisa di lakukan apabila sebelumnya anda sudah melakukan backup, maka disarankan kepada anda untuk tidak lupa melakukan Backup. Jika anda terlanjur belum mem-backup, langkah yang bisa ditempuh yaitu dengan factory reset. caranya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
    *Untuk masuk ke Recovery Tekan tombol Volume Up + Home + Power  atau untuk kombinasi tombol sesuaikan dengan tipe dan merk perangkat anda, masuk ke HBOOT, lalu pilih Recovery Mode.
    *Setelah masuk recovery mode lalu pilih “Wipe Data/Factory Reset”, dan lakukan proses “Wipe Cache Partition
    *Setelah selesai, kembali ke menu awal Recovery mode, dan pilih “Reboot system now“.
    Sekian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android ini semoga bermanfaat untuk anda. Terima Kasih ..
    Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android | sirot | 4.5