Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt

Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan solusi MMC error. Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan solusi memori internal penuhMemory Card/Multi Media Card atau MMC. Umumnya MMC biasa digunakan pada perangkat seperti Handphone, Kamera, dan  merupakan alat yang sangat penting untuk media penyimpanan, seperti file, foto, musik, video, dllKomputer. Memory terbagi menjadi dua yaitu memory Internal dan Eksternal, karena memory internal tidak bisa menampung banyak file karena kapasitasnya kecil, maka untuk memenuhi kebutuhan anda yang ingin menyimpan dokumen yang lebih besar dan banyak, dibutuhkanlah Memory Eksternal ini. Memory card eksternal bisa menampung banyak file karena umumnya mempunyai ukuran yang lebih besar.
Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt
Memory Card juga bisa mengalami kerusakan secara fisik atau kerusakan pada programnya. Berikut ini contoh kerusakan memory card yang sering terjadi, seperti :
Memory Card  Error tidak terbaca, Memory card terbaca sebagai shortcut, Memory card terkunci atau tidak ditemukan/hidden dan lain sebagainya.
Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt
Kerusakan pada Memory Card terjadi karena beberapa sebab, antara lain :

 

  1. Terkena virus yang merusak system inti atau ada file yang corrupt.
  2. Pengaruh medan magnet yang bertabrakan.
  3. Terkena panas yang berlebihan sehingga elemen sedikit gosong, meleleh atau terbakar.
  4. Kesalahan, karena sembarangan saat mencabut / memasukan memori ke slot perangkat.
  5. Sering memindahkan memory card ke perangkat lain, misalnya kartu memori ponsel, kita pasangkan ke kamera digital dan sebaliknya secara berulang kali.
  6. Kesalahan pada system, atau gagal saat melakukan partisi data memory.
Kebanyakan orang jika mengalami kerusakan pada memory card tidak mau ambil pusing, langsung saja dibuang, tetapi sekarang anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena di sini saya akan mencoba membagikan solusinya, Mengatasi atau Memperbaikinya bisa dilakukan dengan berbagai cara, langsung saja perhatikan berikut ini beberapa tips dan caranya :
Solusi Memory Card Error atau Tidak Terbaca, ada beberapa cara sebagai berikut :
1. Dengan Cara Membersihkan Perangkat Memory
*Bersihkan lempengan tembaga (warna kuning keemasan) dengan penghapus pensil yg berwarna putih. Lakukan secara perlahan sampai lempengan tembaga tersebut terlihat bersih.
*Jika menggunakan smartphone Android, anda buka menu Options-Memory lalu highlight tulisan “Total Space” kemudian pilih Repair.

2. Dengan Cara Menggunakan Format Melalui PC
*Keluarkan kartu memory dari perangkat anda, jika perangkat anda bersistem operasi misal Android jangan asal cabut, cabut memory dengan menggunakan menu Unmount SD Card. Setelah itu masukkan memori ke Card Reader.
*Masukkan card reader ke USB komputer/PC, buka windows eksplorer lalu Cari drive kartu memory (lihat di menu Windows Eksploler). Jika memori sudah terbaca, misalnya pada drive I, anda klik tombol kanan mouse, lalu pilih menu “Format“.
*Selanjutnya pada tab properties format muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan anda memilih system format file FAT.
*Klik “Format Now” dan tunggu hingga proses selesai.
Sering kali memory card setelah disambungkan ke PC tidak terbaca/terdeteksi sebagai removable disk di windows explorer, coba periksa dan lakukan hal berikut :
Dari homescreen : Options ⇨ Media Card.
Pastikan:
-Media Card Support : On.
-Mass Storage Mode Support : On
-Auto Enable Mass Storage : Yes
-Save dan Exit
Untuk memory card baru dan masih kosong, bisa lakukan : Options ⇨ Media Card ⇨ BBmenu ⇨ klik Format Card.

3. Dengan Cara Hard Format
  1. Hubungkan perangkat anda ke Komputer/PC menggunakan kabel data.
  2. Setelah terhubung lakukan Hard format media card dengan cara highlight direktori media card lalu klik kanan tombol mouse dan pilih “Format“, Berikan tanda ☑ di tulisan FAT16.
  3. Tunggu sampai proses selesai.
Perhatian : “Format Card akan membuat seluruh data pada memory card anda akan terhapus baik Lagu, Dokumen, WinRAR, Powerpoint, Video, Film, Gambar, Foto, File program Handphone dll“.

4. Dengan Cara Format Melalui Command Prompt (CMD)
  1. Masukkan memory ke card reader, lalu colok ke USB PC.
  2. Klik start ⇨ run, dan ketik CMD. Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  3. Terus ketik FORMAT h:/FS:FAT (h=adalah drive jika MMC terletak di drive H, jika I tulis I).
  4. Tunggu hingga selesai.
Sebelum memori anda rusak, anda bisa mencegahnya minimal dengan memasang Antivirus pada perangkat anda, karena sebab yang paling banyak terjadi yaitu akibat serangan virus. Demikian cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kerusakan pada memori card.
Semoga artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt dapat bermanfaat bagi kita semua.
Salam Unlimitechno

Incoming search terms:

Cara Mengatasi Memory Card (MMC) Error atau Corrupt | sirot | 4.5