Pengenalan Teknologi Wi-Max

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Pengenalan Teknologi Wi-Max, apa itu Wi-Max ? Wi-Max adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi generasi 4G dengan akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), dengan kemampuan yang lebih baik dibanding teknologi yang sebelumnya telah hadir seperti Wifi dan sistem seluler seperti GPRS, EDGE, 3G, dan 3,5G.
Pengenalan Teknologi Wi-Max
Keunggulan Wi-Max :
Teknologi Wi-Max dapat menyalurkan akses broadband melalui penggunaan wireless sebagai komplemen wireline. WiMAX menyediakan akses last mile secara fixed, nomadic, portable dan mobile tanpa syarat LOS (NLOS) antara user dan base station. WiMAX juga merupakan sistem BWA yang memiliki kemampuan interoperabilty antar perangkat yang berbeda. WiMAX dirancang untuk dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP). Dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user. Pengembangan WiMAX berada dalam range kemampuan yang cukup lebar. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi, sehingga keterbatasan WiFi dapat dilengkapi melalui sistem ini, terutama dalam hal coverage/jarak, kualitas dan garansi layanan (QoS). Sementara itu Mobile WiMAX dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 maupun 3G. Keunggulan Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu sistem WiMAX sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil. Kekurangan kemampuan mobility dari Mobile WiMAX masih berada dibawah kemampuan teknologi selular.
GPRS > 35 Kbps > 19,5 menit
EDGE > 115 Kbps > 6 menit
3G > 256 Kbps > 2,5 menit
EV-DO > 1.0 Kbps > 40 detik
Wi-Max > 4.0 Kbps > 10 detik
Kelebihan dan Kekurangan Wi-Max :
Kelebihan :
-Satu pos pemancar mampu menangani hingga ratusan pengguna
-Koneksi sangat cepat walaupun jarak sangat jauh, yaitu bisa mencapai 72Mbps dalam kisaran jarak 10 km
-Mampu menangani banyak fungsi seperti menawarkan internet berkecepatan tinggi, menyediakan layanan telepon, transformasi data, video streaming dan lain-lain pada perangkat yang mendukung standar broadband Wimax IEEE 802.16.
-Tingkat keamanan data yang ditransfer sangat tinggi karena WIMAX mampu mengenkripsi dengan sistemnya
Kekurangan :
-Banyaknya orang yang menggunakan WIMAX dapat menurunkan kecepatan koneksi hingga 2Mbps-10Mbps
-Kecepatan 72Mbps hanya berlaku bagi kondisi ideal, sedangkan jika pengguna berpindah tempat ke suatu lokasi tertentu maka dapat menyebabkan kecepatan koneksi turun drastis
-Membutuhkan Line of Sight untuk memperpanjang koneksi
-Iklim cuaca yang buruk seperti hujan dapat mengganggu sinyal
-Perangkat Wireless lain dapat mengganggu
-Membutuhkan biaya instalasi, daya listrik, dan biaya operasional yang besar
Sekian artikel saya kali ini tentang Pengenalan Teknologi Wi-Max, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.
Terima Kasih,, Semoga Bermanfaat ..
Pengenalan Teknologi Wi-Max | sirot | 4.5