Pengertian dan Jenis-Jenis Modem

Pengertian dan Jenis-Jenis Modem – Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator mempunyai fungsi melakukan proses menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu. Dalam proses ini, data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Demodulator mempunyai fungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini, data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.
Fungsi Modem adalah mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Sebuah sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya.
Saat ini modem juga telah mengembangkan teknologi dengan menambah fasilitas voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan telepon maupun audio lainnya. Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Sebuah sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya.
Saat ini jenis-jenis modem sudah banyak di pasaran, jenis modem dapat dibedakan berdasarkan pemasangannya dan jaringannya. Berdasarkan pemasangannya modem dikenal dengan modem internal dan modem eksternal. Sedangkan jika berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel/wireless.
Berikut ini akan dibahas pengertian modem, jenis-jenis modem dan fungsi/kegunaannya :
1. Modem Analog
Modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, dan kemudian disebut modem dial up. Modem analog tersedia dalam berbagai kecepatan, misalnya 14,4 kbps, 28,8 kbps, dan 56 kbps dengan berbagai merek misalnya. Berikut adalah contoh gambar salah satu Modem Analog :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem

2. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
Modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara. Berikut contoh gambar salah satu Modem ADSL :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem
3. Modem DSL (Digital Subscriber Line)
Modem untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi (dedicated line–jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet, yang secara fisik dapat menggunakan kabel telepon). Dalam teknologi ini, data yang diterima/dikirim modem DSL berupa data digital, sehingga akses internet lebih cepat dibandingkan dengan modem analog.
Ada dua jenis DSL, yaitu ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download lebih cepat daripada upload dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) kecepatan download sama dengan kecepatan upload. Berikut contoh gambar salah satu DSL Modem :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem
4. Modem Kabel
Modem yang menerima dan mengirim data internet yang melalui jaringan TV Kabel. Data yang diterima dan dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara modem DSL. Berikut contoh gambar salah satu Modem Kabel :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem
5. Modem GSM
Modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon genggam GSM. Modem ini mendukung layanan GPRS/EDGE/3G atau layanan 4G LTE. Contohnya berupa modem GSM USB atau dapat menggunakan telepon genggam GSM yang mendukung teknologi GPRS/EDGE atau 3G. Berikut contoh gambar salah satu Modem GSM :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem
6. Modem CDMA
Modem dial up wireless yang bekerja dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access), misalnya modem CDMA USB atau dapat pula menggunakan telepon genggam CDMA. Berikut contoh gambar salah satu Modem CDMA :
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem
Demikian artikel kali ini tentang Pengertian, fungsi, dan Jenis-Jenis Modem. Semoga Bermanfaat bagi para pembaca.
Salam Unlimitechno
Pengertian dan Jenis-Jenis Modem | sirot | 4.5