Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android

Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android – Pada artikel kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang solusi memori internal penuh pada android. Kebanyakan orang pengguna Smartphone Android pasti pernah mengalami hal kekurangan memori internal untuk menginstall aplikasi yang ingin anda gunakan, banyak yang bertanya, kenapa bisa terjadi seperti ini pada saat melakukan installasi aplikasi baru dan muncul peringatan bahwa memory tidak mencukupi padahal memory internal smartphone saya masih banyak. Munculnya pesan error atau peringatan Insufficient Storage Available pada perangkat android memang sangat membuat kita jengkel karena pesan error ini selalu datang setiap kali kita mencoba menginstall aplikasi baru. Hal ini terkadang terjadi meski media penyimpanan kita secara matematis masih mampu menampung aplikasi tersebut.
Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android
Beberapa dari anda mungkin sudah mencoba untuk mengosongkan lagi media penyimpanan di memori internal dengan menghapus aplikasi atau file-file yang sebenarnya masih ingin anda simpan tujuannya tidak lain yaitu hanya untuk memberikan ruang lebih. Namun tetap saja cara tersebut tidak kunjung membuat peringatan “Insufficient Storage Available” menghilang. Mungkin anda berfikir mencoba membeli microSD card yang kapasitasnya lebih besar. Cara yang satu ini memang bisa jadi membuat permasalah Anda selesai, tetapi bagaimana kalau suatu saat microSD card Anda juga penuh? Sebaiknya anda mencoba saran dari saya untuk melakukan kedua cara berikut ini :
1. Menggunakan Aplikasi Link2SD.

Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android
Langkah-langkah yang harus anda lakukan sebagai berikut :


1. Smartphone Android anda harus sudah di Root terlebih dahulu.
2. Download aplikasi Link2SD, anda bisa mendapatkannya di Google Play.
3. Kemudian install aplikasi Link2SD tersebut di handphone Android kesayangan anda.
4. Jalankan aplikasi tersebut lalu anda ke pengaturan ⇨ lokasi install ⇨ lalu pilih eksternal. (settingan ini dapat memfungsikan ponsel android apabila ada aplikasi yang terinstall, otomatis akan langsung dipindahkan ke memory eksternal / SDcard).
5. Selesai. silahkan restart/reboot handphone anda.


2. Menggunakan Aplikasi Lucky Patcher. 

Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android


Langkah-langkah yang harus anda lakukan sebagai berikut :
1. Smartphone Android anda harus sudah di Root terlebih dahulu.
2. Silahkan download aplikasi Lucky Patcher, anda juga bisa mendapatkannya di Google Play.
3. Kemudian install Lucky Patcher dan anda arahkan tempat penginstalan ke microSD.
4. Jalankan dan pilih menu ke “Proceed to Troubleshooting“.
5. Lalu pilih “Remove fixes and backups” 
6. Selesai, langkah terakhir silahkan restart/reboot ponsel android Anda.

Peringatan : “Cara yang kedua ini dapat anda lakukan berulang-ulang setiap kali pesan error “Insufficient Storage Available” muncul, namun apabila anda tidak ingin repot, sebagai opsi anda bisa menggunakan cara yang pertama saja“.
Sebenarnya kedua cara tersebut bisa dikatakan juga berfungsi untuk mengubah lokasi installasi aplikasi menjadi ke eksternal. Dari kedua pilihan diatas, silahkan anda pilih sesuka hati anda untuk menggunakan cara yang mana. cara pertama atau cara kedua.
Demikian artikel kali ini tentang Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android. Terima Kasih sudah berkunjung,, Semoga Bermanfaat bagi para pembacanya 🙂
Solusi Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Smartphone Android | sirot | 4.5