Solusi Smartphone Android Hang dan Me-Restart Sendiri

Masalah umum yang sering terjadi kepada pengguna Smartphone Android salah satunya adalah Not Responding atau biasa kita sebut Hang dan Restart sendiri yang memang masalah tersebut seketika dapat muncul tanpa diketahui penyebabnya oleh kebanyakan pengguna baru. Hang dan restart sendiri merupakan masalah yang sama, jadi penyebabnya pun tidak jauh beda. Sebelum kita melangkah bagaimana cara mengatsi Hang dan restart, kenali dulu penyebabnya. Berikut sebab-sebab Smartphone Android Hang dan Me-Restart Sendiri

Solusi Smartphone Android Hang dan Me-Restart Sendiri

Penyebab dari masalah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kinerja RAM berlebihan
Kapasitas suatu RAM sangat mempengaruhi keseluruhan suatu kinerja Smartphone Android. Menginstall banyak aplikasi lalu membukanya sekaligus, akan memberatkan kerja RAM yang berkapasitas kecil, akibatnya hang akan muncul, intinya anda harus mengetahui ukuran kapasitas RAM anda, dengan begitu anda bisa mengontrol aplikasi yang diinstall di perangkat anda dan tidak akan terkuras oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan. Ada beberapa aplikasi yang berfungsi untuk membantu anda dalam mengatur pemakaian RAM salah satunya adalah Task killer, silahkan anda coba.

2. Memory Internal Penuh
Cobalah anda Install Aplikasi Android di Memory Eksternal /SD Card, fungsinya supaya memory internal lebih leluasa dan tidak terlalu terbebani dengan banyaknya aplikasi yang anda pasang. Selain itu juga aplikasi yang bisa anda install juga kemungkinan menjadi lebih banyak, tentunya sesuaikan juga dengan kapasitas RAM anda.

3. Aplikasi yang Crash/ Corrupt.
Penyebab selanjutnya Android sering hang atau restart karena Crash. Crash bisa terjadi karena system error, RAM yang minim, tweaks yang dijalankan berbenturan dengan tweaks yang lain, atau crash karena jalan main aplikasi yang satu dengan lainnya berlawanan, crash ini ditandai dengan munculnya pesan “Force Close” biasanya aplikasi yang crash terjadi karena kesalahan pengguna seperti overclock CPU yang melampaui batas, aplikasi yang dipasang bukan dari google play. Solusinya jangan terlalu berlebihan dalam melakukan overclock CPU, dan installah aplikasi yang compatible dan berasal dari Google Play.

4. Serangan Virus
Tidak menutup kemungkinan serangan virus pada sistem di perangkat Android juga menjadi penyebabnya. Solusinya sudah pasti anda harus pasang antivirus supaya dokumen-dokumen anda terjaga dari serangan virus.

Demikian artikel kali in tentang beberapa Solusi Smartphone Android Hang dan Me-Restart Sendiri, baca juga artikel Cara Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba .. Terima kasih 🙂

Solusi Smartphone Android Hang dan Me-Restart Sendiri | sirot | 4.5