Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android

Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara back up data di android. Bagi anda pengguna Android mungkin jarang yang mengerti cara memback up data yang ada di file manager. Terutama jika kalian ingin melakukan root untuk tujuan tertentu, alangkah baiknya sebelum melakukan Root lakukan back up data terlebih dahulu supaya data-data penting pada Andorid anda tidak hilang dan untuk mengoptimalkan Android anda. atau jika anda ingin melakukan Costum pada ROM Android. atau melakukan flashing atau hal-hal yang dapat membuat sistem pada Smartphone anda berubah.
 
Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android
 

 

 
Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android bisa menggunakan 2 cara yaitu :

 

1. Menggunakan Google Account (Online)
2. Back Up Manual (Offline)
 
Kedua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan diantaranya. Menggunakan Google Account memiliki kelebihan yaitu update secara real time. Kekuranganya adalah jika akun tersebut diretas maka data akan hilang begitupun juga di handphone kalian. Sedangkan back up data manual kelebihannya data akan tetap tersimpan di komputer yang kita gunakan. Kekuranganya adalah kita harus rutin dan berkala dalam membuat file updatenya. Simak secara lengkapnya dibawah ini :
 

 

 

*Back Up Data Menggunakan Google Account (Online)

1. Masuk ke Menu – pengaturan/setting – menu personal – Back up dan reset
2. Beri centang (ceklist) pada pilihan Back Up my data.
3. Kembali ke menu pengaturan – personal – account sync
4. Pilihlah akun google yang akan disinkronisasi.
5. Selesai, contohnya seperti gambar dibawah ini :
Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android

 

 

*Back Up Data Manual (Offline)

Untuk back up data manual anda membutuhkan aplikasi, anda bisa menggunakan aplikasi My Back Up. Dan sambungkan perangkat Android anda ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel data. Cara ini bisa anda pertimbangkan karna kalau menggunakan sistem online lebih beresiko jika suatu saat secara tiba-tiba koneksi terputus, Bootloop atau resiko-resiko yang lainnya. Cara offline pun cukup mudah, anda hanya membutuhkan kabel data yang disambungkan ke laptop, kemudian anda tinggal meng copy-paste file-file yang ingin anda backup atau diselamatkan. contohnya seperti gambar dibawah ini :
 
Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android
 
 Demikian informasi tentang Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Membuat CCTV Di Smartphone Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂
Cara Melakukan Back Up Data Di Smartphone Android | sirot | 4.5