Cara Mengganti Koneksi dari CDMA Ke GSM pada Smartfren Andromax

Cara Mengubah Koneksi dari CDMA Ke GSM pada Smartfren Andromax – Saya akan menjelaskan bagaimana cara mengubah koneksi cdma ke gsm di smartfren andromax. Bagi anda para pengguna Smartfren Andromax pasti kalian pernah mengalami kendala untuk mengganti koneksi internet yang tadinya CDMA menjadi GSM. Pada dasarnya Smartfren Andromax adalah layanan dari cdma. Ketika kita ingin menggunakan Smartfren kita harus memakai kartu Smartfren CDMA saja.

Cara mengubahnya terbilang cukup mudah, kita hanya perlu melakukan disable/ menonaktifkan proses service pada kartu CDMA, sehingga apabila paket data diaktifkan, maka yang akan aktif adalah koneksi kartu GSM nya. Namun, anda hanya akan mendapatkan koneksi sinyal EDGE dan tidak bisa HSDPA (3G). Untuk mengubah koneksinya kita membutuhkan pihak ketiga yaitu aplikasi yang bernama Any Cut, dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak perlu melakukan akses root pada ponsel kita.


Sebelum melakukan proses ini, pastikan Andromax anda sudah diatur untuk menggunakan Bahasa Inggris agar cara ini dapat diikuti dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :


1. Langkah awal, unduh aplikasi Any Cut Unduh di sini

2. Setelah selesai diunduh, install Any Cut kemudian jalankan Any Cut. Maka akan muncul notifikasi new shortcut. Pilih Activity kemudian pilih Select subscriptions, lalu beri nama terserah/bebas yang anda inginkan (di sini saya memberi namanya My GSM), setelah itu pilih Oke. Seperti gambar di bawah ini :


Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax


3. Selanjutnya jika Shortcut My GSM sudah muncul di layar menu, maka anda ulangi seperti pada langkah di atas untuk membuat Shortcut APN, caranya buka Any Cut pilih “Activity” lalu pilih “APN” kemudian beri nama, lalu Oke.

Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax

4. Jika kedua shortcut tersebut yang telah dibuat, lalu masuk ke shortcutMy GSMdan centang pada SIM Card 2, dan hilangkan centang pada RUIM Card 1, lalu klik Oke. Seperti gambar di bawah ini :

Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax

5. Jika Berhasil maka ada pemberitahuanSet Subscription Succes. Selanjutnya Buka Shortcut APN anda dan checklist provider yaitu Indosat GPRS tersebut, dan pastikan Proxy dan Portnya kosong (tidak disetel).


Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax


6. Untuk Mengecek keberhasilannya, anda bisa lihat pada Sinyal RUIM CDMA, jika sinyal tersebut hilang maka sudah berhasil mengubah koneksi internet Smartfren anda yang tadinya CDMA kini ke koneksi GSM. Langkah selanjutnya, anda lakukan refresh pada koneksi jaringan / koneksi DATA sebelum melakukan tes ke internet, caranya, hilangkan koneksi DATA dan hidupkan kembali koneksi DATA tersebut. Seperti gambar di bawah ini :


    Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax

    7. Selesai. Selanjutnya anda sudah bisa mencobanya, maka akan muncul sinyal GPRS dari GSM anda. Dengan begitu koneksi jaringan internet pada Smartfren Andromax anda sudah dapat diakses menggunakan GSM.

    8. Untuk mengembalikan sinyal default ke CDMA Smartfren yang hilang dan berinternet kembali dengan koneksi CDMA, anda masuk pada shortcut “My GSM“, selanjutnya tinggal anda Cheklist lagi bagian “RUIM Card 1” dan refresh kembali jaringan datanya. Mudah bukan??

    Demikian artikel kali ini tentang Cara Mengganti Koneksi Dari CDMA Ke GSM Pada Smartfren Andromax, selamat mencoba.
    Salam Unlimitechno 
    Cara Mengganti Koneksi dari CDMA Ke GSM pada Smartfren Andromax | sirot | 4.5