Pengenalan IPv6

Pengenalan IPv6 – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan teknologi IPv6. Sebelumnya kita harus mengetahui pengertian dari IPv6 itu sendiri. IPv6 adalah suatu IP Address versi baru yang dirancang untuk evolusiner IPv4. Kenapa dinamai IPv6? IP yang sering kita gunakan saat ini adalah IPv4, menunjukan bahwa protokol IP tersebut adalah versi 4. IPv6 dinamai demikian karena untuk menunjukkan bahwa protokol IP tersebut adalah protokol IP versi 6.
IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Tujuan utama diciptakannya IPv6 adalah karena keterbatasan ruang alamat di IPv4 yang hanya terdiri dari 32 bit. Panjang total IPv6 sendiri adalah 128 bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2(pangkat 128)= 3,4 x 10(pangkat 38). Total alamat yang sangat besar ini bertujuan untuk menyediakan ruang alamat yang tidak akan habis(hingga beberapa masa kedepan), dan membentuk infrastruktur routing yang disusun secara hierarkis, sehingga mengurangi kompleksitas routing pada tabel routing. Contoh alamat IPv6 adalah “2001:DB8:FADE:82C::2B:1″. 
Pengenalan IPv6
Pengembangan dari IPv4 ke IPv6, terlihat pada kelebihan IPv6 sebagai berikut :
1. Lebih luasnya kemampuan pengalamatan dan lebih efisien.
2. Kemampuan privasi yang lebih bagus dengan adanya default security (IPSec).
3. Mengalirkan kemampuan libering.
4. Penyederhanaan format header.
5. Meningkatkan support.
6. Ruang alamat yang lebih besar yaitu 128 bit.
Implementasi IPv6 dikembangkan secara massal dan sistem operasi yang berbeda, banyak yang mengirimkan produk ini meliputi implementasi host :
1. FreeBSD
2. IBM
3. Linux
4. Microsoft
5. Apple
6. Nokia
7. Cisco Systems
8. Hitachi
9. Novell
10. Interpeak, dan masih banyak lagi lainnya.
Demikian artikel kali ini tentang Pengenalan IPv6, Terima Kasih sudah berkunjung, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua 🙂
Pengenalan IPv6 | sirot | 4.5