Struktur Paket IPv6

Struktur Paket IPv6 – Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas Pengenalan IPv6, dan mengetahui Fitur IPv6. Pada artikel kali ini kita akan membahas Struktur Paket Dasar IPv6.Seperti yang kita ketahui bahwa terjadi perluasan address menjadi 128 bit, maka pada IPv6 struktur paket pun mengalami perbaikan pula. Selain itu, field yang jarang dipakai pada IPv4 pun dihapus, dan diganti dengan field yang mendukung komunikasi real time.
Struktur Paket IPv6 terdiri dari beberapa komponen berikut :
1. Header IPv6
struktur paket ipv6
Header IPv6 ini akan selalu ada dengan ukuran yang tetap yaitu 40 bytes. Header ini merupakan penyederhanaan dari header IPv4 dengan menghilangkan bagian yang tidak diperlukan atau jarang digunakan dan menambahkan bagian yang menyediakan dukungan yang lebih bagus untuk komunikasi masa depan yang sebagian besar adalah trafik real-time.
Beberapa perbandingan kunci dari header IPv4 dan IPv6 :
a. Jumlah header field berkurang dari 12 (termasuk option) pada header IPv4 menjadi 8 pada header IPv6.
b. Jumlah header field yang harus diproses oleh router antara (intermediate router) turun dari 6 menjadi 4 yang membuat proses forwarding paket IPv6 normal menjadi lebih efisien.
c. Header field yang jarang terpakai seperti fields supporting fragmentation dan option pada header IPv4 dipindahkan ke extension header IPv6.
d. Ukuran header IPv6 memang bertambah dua kalinya, yaitu dari 20 bytes pada header minimum IPv4 menjadi tetap sebesar 40 bytes. Namun keuntungannya adalah header untuk  pengalamatan menjadi 4 kali lebih panjang dari IPv4 (dari 32 menjadi 128 bit) yang menyebabkan tersedianya jumlah alamat yang jauh lebih besar.
Header pada IPv6 sendiri terdiri dari dua jenis, diantaranya :

* Header dasar, yaitu field yang dibutuhkan setiap paket.
* Header tambahan (ekstensi), yaitu field yang tidak selalu diperlukan pada sebuah paket. Header ini didefinisikan terpisah dari header dasar. 

2. Extension Headers
struktur paket ipv6
Header dan extension header pada IPv6 ini menggantikan header dan option pada IPv4. Tidak seperti options pada IPv4, extension headers  IPv6  tidak memiliki ukuran maksimum dan dapat diperluas untuk melayani kebutuhan komunikasi data di IPv6.  Jika pada header IPv4 semua option akan dicek dan diproses jika ada maka pada extension headers IPv6 hanya ada satu yang harus diproses yaitu Hop-by-Hop Options. Hal ini akan meningkatkan kecepatan pemrosesan header IPv6 dan meningkatkan kinerja forwarding paket IPv6. 

Extension header yang harus didukung oleh setiap titik IPv6 yaitu : 
– Hop-by-Hop Options header 
– TCP
– UDP
– Routing Header 
– Fragment header 
– Encapsulating Security Payload header 
– Authentication Header 
– Destination Options header 

3. Protocol Data Unit (PDU)
Protocol Data Unit (PDU) layer yang lebih tinggi pada dasarnya terdiri dari header protokol layer yang lebih tinggi dan payload yang terkandung di dalamnya misalnya saja TCP, UDP atau ICMPv6.
Meskipun ukuran header dasar membesar dari 20 bytes menjadi 40 bytes, namun jumlah field berkurang dari 12 menjadi 8 buah saja. Header dari IPv6 memiliki field label air (flow-label). Label ini digunakan untuk meminta agar paket tersebut diberi perlakuan tertentu oleh router saat dalam pengiriman. Dengan kata lain label ini dapat memberi tanda jenis dari paket tersebut. Misal, pada suara atau gambar bergerak (motion picture) sedapat mungkin ditransfer secepatnya wlaupun kualitasnya sedikit berkurang. Sedangkan E-mail ataupun WWW lebih memerlukan keakuratan daripada sifat realtime.
struktur paket ipv6
struktur paket ipv6
Demikian artikel kali ini tentang Struktur Paket IPv6,, Semoga Bermanfaat bagi para pembacanya dan Terima Kasih Sudah Berkunjung 🙂
Struktur Paket IPv6 | sirot | 4.5