Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di PC

Cara Membuat Jaringan Wireless Tanpa Software Di Komputer/PC – Berjumpa lagi di blog Unlimitechno. Kali ini saya akan membahas Cara Membuat Wireless Tanpa Aplikasi di Laptop Windows (Virtual Access Point). Cara ini hanya bisa berjalan pada OS Windows tidak bisa digunakan untuk Linux. Windows XP, 7, 8, bisa menggunakan cara ini agar bisa membangun jaringan wireless pada sebuah PC. Baca Juga : Cara Membangun Jaringan LAN Di Windows 7.
Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Laptop
Dalam membuat wireless di laptop biasanya pengguna menggunakan Adhoc, tetapi cara tersebut menurut saya cukup rumit, karena orang yang mau connect harus setting IP terlebih dahulu. Cara yang saya gunakan adalah ini dengan menggunakan Virtual Access Point, jadi ketika seseorang terkoneksi ke wireless saya, akan langsung mendapatkan IP (DHCP). Baca Juga : Cara Transfer Data Menggunakan Wifi Di Ponsel Android.
Alat-alat yang dibutuhkan :
  1. Laptop/Komputer yang memiliki Wireless
  2. Koneksi Internet agar perangkat yang terhubung bisa internet.
  3. Perangkat lain yang bisa digunakan untuk Connect Wireless.

Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Windows :

  • Cek dulu apakah wireless kamu support untuk membuat VAP, buka cmd dan ketikan netsh wlan show drivers , akan muncul gambar seperti dibawah, jika Hosted Network Supported nya Yes, berarti laptop kamu bisa digunakan.
    Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Laptop
  • Jika belum, ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow , lalu cek lagi, jika tetap tidak bisa, berarti laptop kamu tidak support.
  • Setting SSid dan password, ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=ChrisFerbianto (Nama SSID terserah) key=chrisaja (Password terserah). Sehingga menjadi netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=ChrisFerbianto key=chrisaja
    Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Laptop

  • Aktifkan wireless, ketikan netsh wlan start hostednetwork .
  • Akan muncul sebuah Wireless baru dengan nama ChrisFerbianto, bisa di cek langsung dengan perangkat lain. Sampai disini Wireless memang sudah jadi tetapi orang lain belum bisa Connect, saya sudah mengalaminya ketika belum share internet, maka perangkat lain tidak akan mendapatkan IP secara otomatis, tetapi setelah saya share internet ke Wireless, perangkat lain langsung mendapatkan IP address dan bisa langsung berinternetan. Untuk itu mari kita Share internet ke Wireless.
    Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Laptop
  • Seperti gambar diatas, Local Area 2 adalah koneksi laptop saya ke jaringan agar bisa internet, sedangkan Wireless Network 2 adalah wireless yang tadi kita buat dan belum bisa internet.
  • Klik Local Area 2 (sesuaikan dengan nama koneksi internet kamu), lalu klik properties > pilih tab Sharing > Centang kedua kotak > Pilih nama koneksi wireless kamu, dan klik OK.
    Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di Windows
  • Pengaturan selesai, coba ulang Connect ke wireless dan pasti akan langsung mendapatkan IP serta langsung internetan. Untuk matiin Wireless nya ketikan netsh wlan stop hostednetwork.
Demikian artikel kali ini tentang Cara Mudah Membuat Jaringan Wireless Tanpa Software Di Windows XP, 7, 8. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan selamat mencoba.
Cara Membangun Jaringan Wireless Tanpa Software Di PC | sirot | 4.5