6 Penyebab Smartphone Android Menjadi Cepat Panas Sendiri

Penyebab Smartphone Android Menjadi Cepat Panas Sendiri – Hampir semua benda elektronik, tak terkecuali smartphone, dapat menjadi panas ketika penggunaan terus menerus. Hal ini menjadikan benda elektronik tersebut kerap kali menjadi tidak nyaman ketika digunakan dan bahkan jika terlalu parah dapat menimbulkan korsleting atau mengeluarkan asap. Banyak hal bisa menjadi penyebabnya dan smartphone pun memiliki penyebab yang kurang lebih sama dengan alat elektronik lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab smartphone menjadi panas.
6 Penyebab Smartphone Android Menjadi Cepat Panas Sendiri
Cara Mengatasi HP Android cepat panas sendiri

1.    Penggunaan Maksimal Secara Terus Menerus

Hal ini sering menimpa kalangan gamer yang sering bermain game di smartphone. Berbeda dengan PC atau konsol lainnya yang memang didesain untuk bisa atau memang berfungsi untuk memainkan game dengan memaksimalkan performa perangkat, smartphone tidak memiliki sistem pendingin khusus yang secara cepat mendinginkan seluruh komponen smartphone. Namun pada beberapa generasi selanjutnya, diramalkan smartphone akan memiliki sistem pendingin cair sehingga lebih cepat mengurai panas.

2.    Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Semakin banyak smartphone yang berjalan di background atau terus berjalan meskipun dalam kondisi layar mati dapat menyebabkan smartphone android anda cepat panas. Hal tersebut bisa dibilang kalau smartphone anda tidak beristirahat sama sekali meskipun sedang tertidur. Kurangi jumlah aplikasi yang berjalan di background agar smartphone anda terasa lebih ringan dan jauh dari panas.

3.    Menggunakan Charger Non ORI

Menggunakan charger yang bukan asli dari pabrikan smartphone anda dapat membuat perangkat anda menjadi panas. Hal ini bisa disebabkan karena kualitas yang berbeda antara charger asli dengan charger yang non ori. Hasil dari penggunaan charger non ori pun sering mengakibatkan kecelakaan yang fatal seperti smartphone yang terbakar. Sering menukar charger dengan pabrikan lainpun bisa menjadi kendala ketika arus yang dihasilkan berbeda.

4.    Cas Sambil Diletakkan Pada Tempat Tertentu

Tidak semua dampak panas smartphone memiliki pengaruh yang buruk, namun jika hal tersebut ditambah dengan anda meletakkannya di tempat yang sulit untuk melepas panas seperti diatas kasur atau dibawah bantal dapat membuat smartphone anda menjadi sangat panas karena panas tidak dapat segera terurai.

5.    Cas Dengan Powerbank

Tidak semua powerbank memiliki kualitas yang baik. Beberapa menjanjikan daya tamping yang lebih besar dan kecepatan cas yang lebih baik namun tidak memiliki jaminan kualitas yang baik. Apabila anda men charge smartphone anda dengan powerbank, ada baiknya tidak ditinggalkan didalam tas atau tempat yang tertutup rapat, karena seperti contoh nomor 3 diatas hal tersebut juga dapat menyebabkan panas yang terjebak.

6.    Kerusakan Kabel Cas

Beberapa pabrikan smartphone memiliki charger yang kabelnya bisa dilepas dan digunakan sebagai kabel data. Kabel data tersebut terkadang mudah aus atau bahkan port usb di smartphone yang sudah aus. Salah satu dari bagian tersebut yang aus bisa menjadi kendala, karena longgar maka arus listrik yang masuk tidak stabil sehingga membuat smartphone menjadi panas. Segera ganti kabel usb tersebut atau melakukan pergantian port usb agar tidak membawa kerusakan lainnya.

 

Meskipun sepele, panas dari smartphone sering membuat berbagai masalah baru seperti baterai yang akhirnya menggelembung hingga tercium bau gosong yang keluar dari smartphone anda. Perhatikan penggunaan smartphone anda dan terlebih saat men charge, jangan letakkan di tempat yang sempit dan tertutup.

Demikian informasi teknologi smartphone tentang 6 Penyebab Smartphone Android Menjadi Cepat Panas Sendiri Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Sharing Akses Internet dengan Bluetooth HP ke Laptop

6 Penyebab Smartphone Android Menjadi Cepat Panas Sendiri | sirot | 4.5