Cara dan Panduan Menggunakan Web Check-In AirAsia

Cara dan Panduan Menggunakan Web Check-In – Salah satu strategi bisnis dari maskapai yang berbiaya rendah ialah menggunakan web check-in. Penggunaan web check-in ini dimaksudkan untuk menekan serendah-rendahnya biaya operasional. Biasanya untuk mencegah adanya biaya tambahan, pihak maskapai melakukan pengurangan jumlah staf yang ada di darat serta biaya sewa counter check-in. Untuk itu pihak maskapai seperti Lion Air, Garuda, dan AirAsia lebih memilih fasilitas web check-in dibanding counter check-in langsung.

 

Cara dan Panduan Menggunakan Web Check-In AirAsia

Berikut langkah-langkah melakukan check-in lewat website pada maskapai penerbangan AirAsia.

1. Buka situs website AirAsia di AirAsia.com
2. Selanjutnya, klik Web Check-in. Pada kolom Departure City, ketikkan nama kota keberangkatan dan pada kolom Booking Number ketikkan kode booking Anda. Selanjutnya klik Check-in.
3. Beri centang pada kolom rute yang akan Anda check-in dan centang di depan nama penumpang yang akan melakukan check-in
4. Selanjutnya, Anda diharuskan mengisi data dengan lengkap, mulai dari data kewarganegaraan, nomor paspor, hingga tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai Anda salah mengisikan karena Anda tidak akan bisa merubahnya lagi, untuk itu teliti baik-baik saat mengisikan datanya. Bila sudah, klik Lanjutkan.
5. Maka akan muncul tampilan pada layar yang menginformasikan nomor kursi Anda. Bila Anda ingin pindah kursi, klik Ubah dengan dikenakan biaya tertentu. Sama halnya dengan Bagasi maupun peralatan olah raga. Bila sudah, klik Lanjutkan.
6. Bila Anda jadi mengubah kursi ataupun menambah bagasi, maka layar akan menampilkan halaman pembayaran sama seperti saat Anda melakukan booking. Langkah pembayarannya-pun sama seperti saat booking. Hanya saja pembayaran yang tersedia diharuskan menggunakan kartu kredit.
7. Selanjutnya, tentukan ke mana boarding pass akan dikirimkan. Sertakan alamat e-mail bila Anda ingin dapat boarding pass melalui e-mail. Sertakan pula nomor telepon Anda bila ingin dapat boarding pass melalui SMS. Bila sudah, klik Lanjutkan lalu konfirmasi.
8. Maka boarding pass akan ditampilkan pada layar untuk selanjutnya bisa Anda cetak.
Demikian informasi teknologi smartphone tentang Cara dan Panduan Menggunakan Web Check-In AirAsia Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Tutorial dan Cara Lengkap Install Share Point 2013. Semoga tulisan ini bisa langsung dipraktikkan dan bermanfaat bagi para pembaca.
Cara dan Panduan Menggunakan Web Check-In AirAsia | sirot | 4.5