Cara Sharing Akses Internet dengan Bluetooth HP ke Laptop

Cara Sharing Akses Internet dengan Bluetooth (Bluetooth Tethering) Android ke Laptop – Ingin berbagi akses internet dengan teman-teman Anda? Mudah sekali caranya, Anda cukup memanfaatkan Bluetooth Anda sebagai penghubung antar perangkat agar bisa saling berbagi akses internet. Anda tak perlu menyediakan perangkat access point secara khusus. Cukup bermodalkan perangkat Android Anda sudah bisa melakukan Bluetooth tethering antara ponsel Android Anda dengan laptop Anda.

 

Cara Mudah Sharing Akses Internet dengan Bluetooth

 

Cara Mudah Sharing Akses Internet dengan Bluetooth dari HP Android ke Komputer/Laptop

Cara ini dikenal dengan istilah mekanisme bluetooth tethering. Cara ini sudah ada sejak Android versi 2.2 (Froyo) rilis. Pada versi awalnya, Anda bisa sharing koneksi internet melalui ponsel Android Anda dengan menjadikan ponsel Anda layaknya sebuah personal access point Wi-Fi (Portable Wi-Fi hotspot).
Sementara pada Android versi 2.3 (Gingerbread), Anda bisa sharing koneksi internet hanya dengan menghubungkan kabel USB (USB tethering) ke komputer Windows XP agar bisa mengakses internet. Cara ini disebut sebagai modem koneksi internet.
Bluetooth tethering telah tersedia semenjak Android 3.x (Honeycomb) rilis. Dengan adanya Bluetooth tethering ini, Anda bisa saling berbagi akses internet antar perangkat seperti tablet, laptop, serta perangkat Android lainnya menggunakan protokol Bluetooth. Honeycomb sendiri hanya dipasang di tablet. Penggunaan Bluetooth tethering pada ponsel Android baru dirasakan saat Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dirilis.
Bila dilihat dari segi kecepatannya, yang paling cepat ialah USB tethering, kemudian disusul dengan WiFi tethering, dan terakhir Bluetooth tethering. Meski Bluetooth tethering kalah cepat, namun daya baterai bisa dibilang lebih awet jika dibandingkan dengan WiFi tethering.
Dikarenakan pita Bluetooth lebih lebar dari koneksi internet sekarang, maka kita tidak bisa mengunduh file ataupun melihat video di Youtube jika Anda menggunakan Bluetooth tethering. Sedangkan untuk chatting dan koneksi web dengan Bluetooth tethering tetap terjamin.
Jangkauannya yang terbatas kurang dari 10 meter menjadi salah satu kelemahan dari Bluetooth tethering. Namun, Bluetooth tethering diyakini lebih aman karena menggunakan VPN (Virtual Private Network) sebagai koneksinya. Untuk dapat mengaktifkan Bluetooth tethering, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Jika Anda menggunakan ponsel Android 4.0 atau lebih, bisa masuk ke Settings – More – Tethering & Portable Hotspot. Lalu aktifkan item Bluetooth tethering.

Centang Bluetooth tethering

 

2. Selanjutnya, aktifkan Bluetooth yang ada di laptop Anda lalu koneksikan dengan ponsel Android Anda. Maka Anda akan diminta untuk melakukan pairing. Bila sudah terkoneksi, maka Bluetooth tethering akan aktif secara otomatis. Anda-pun kini sudah bisa mengakses internet melalui laptop Anda.

 

Cara Sharing Internet via Tethering Bluetooth ke Laptop Mac

Lantas bagaimana cara melakukan Bluetooth tethering bila Anda tidak memiliki perangkat Android? Ada beberapa vendor misalnya saja LG yang tidak mendukung untuk melakukan Bluetooth tethering pada perangkat ICSnya, karena memang LG hanya menyediakan Portable WiFi hotspot saja. Akan tetapi Anda teap bisa sharing koneksi internet dengan Bluetooth tethering.
Caranya, cukup menggunakan aplikasi tambahan bernama Open Garden yang mampu melakukan konfigurasi secara otomatis untuk sharing koneksi internet dengan Bluetooth tethering. Open Garden sendiri menerapkan model jaringan Mesh, yakni sebuah topologi jaringan dimana setiap perangkat bisa terkoneksi satu sama lain untuk saling berbagi sumber daya.
Jika Anda ingin menggunakan Open Garden, Anda perlu mengunduh dan menginstall Open Garden pada ponsel ataupun tablet Android Anda. Selain itu, Anda juga bisa menginstallnya di laptop Windows ataupun Mac OS X. Berikut sebuah percobaan pada perangkat Android yang punya koneksi internet (A) terkoneksi ke laptop berbasis Mac OS X (B).
Simak dan ikuti petunjuk berikut!
1. Pasang Open Garden for Mac pada laptop Mac OS X Anda dengan mengunjungi www.OpenGarden.com (sedangkan pada Windows ada paket tersendiri). Bila sudah terpasang, aktifkan koneksi Bluetooth pada laptop lalu matikan koneksi Wi-Finya.

 

Jalankan dan aktifkan Open Garden

 

Kemudian, pasang Open Garden dari Google Play di ponsel Android Anda. Sebelumnya, lakukan mekanisme Bluetooth “pairing” terlebih dulu untuk menghubungkannya dengan perangkat lain.
2. Jalankan dan aktifkan Open Garden yang ada di ponsel Android Anda yang terhubung dengan internet (A). Saat Anda menjalankan Open Garden pertama kali, maka Anda akan diminta untuk mengaktifkan Bluetooth.

 

Jalankan dan aktifkan Open Garden
3. Selanjutnya, jalankan Open Garden dari laptop Mac OS X. Tunggu sampai dialog konfirmasi ditampilkan, klik Allow untuk menyetujuinya. Berikutnya Anda akan diminta untuk mengaktifkan Wi-Fi, tapi berhubung yang aktif saat ini adalah koneksi Bluetooth, jadi Anda tak akan menggunakannya.

 

mengakses Internet melalui perangkat A.
Tap pada tombol Connect di Open Garden ponsel A. Pada status bar, klik ikon Open Garden yang ada di Mac OS X (atau Windows) lalu pilih Connect. Maka otomatis akan muncul sebuah titik yang merujuk ke Mac OS X pada Open Garden ponsel A. Sementara nama perangkat yang sedang terhubung akan ditampilkan di Windows atau mac OS X.
4. Kini Anda bisa mengakses internet melalui perangkat A dari laptop Mac OS X Anda.
5. Exit dari Open Garden yang ada pada sisi laptop agar koneksi tertutup, kemudian matikan koneksi Bluetooth yang ada pada laptop Anda. Maka titik laptop yang semulanya terhubung akan hilang secara otomati sewaktu bluetooth dimatikan.
Anda tak perlu heran jika Anda mengalami beberapa kendala ketika menggunakannya terutama saat setup koneksi, hal ini dikarenakan Open Garden masih dalam tahap beta.
Itulah beberapa cara dan langkah dalam berbagi akses internet menggunakan bluetooth (bluetooth tethering) Android ke Laptop. Cara ini 100% work dan sudah berhasil saya praktikkan. Semoga anda berhasil dalam menerapkan cara ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman anda agar mereka juga bisa mencoba cara sharing akses internet dengan bluetooth ini.
Demikian informasi teknologi smartphone tentang Cara Sharing Akses Internet dengan Bluetooth HP ke Laptop Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Akun COC Gratis Level Tinggi September 2016
Cara Sharing Akses Internet dengan Bluetooth HP ke Laptop | sirot | 4.5