Tutorial dan Cara Lengkap Install Share Point 2013

Tutorial dan Cara Lengkap Install SharePoint 2013 – Saat ini SharePoint semakin populer dimana angka penjualannya kian meningkat per-tahunnya meski belum sebesar Microsoft Office. Namun, SharePoint ini menjadi produk unggulan dari Microsoft. Sebagian dari Anda yang sudah terbiasa dengan komputasi mungkin sudah mengenal SharePoint, namun tak jarang pula masih belum mengerti apa itu SharePoint.

 

Tutorial dan Cara Lengkap Install Share Point 2013

 

SharePoint merupakan salah satu platform yang dirancang sebagai media sharing, berbagi informasi dan berkolaborasi, berbagi file, menjalankan workflow (alur kerja) serta menjalankan proses bisnis manajamen. Bila Anda masih belum paham juga, berikut gambaran atau ilustrasi secara jelasnya.
Jika Anda adalah seorang karyawan pada sebuah perusahaan dimana perusahaan tersebut menerapkan SharePoint. Pada suatu waktu Anda mengajukan cuti kepada atasan untuk beberapa waktu dengan mempertimbangkan sisa cuti. Data sisa cuti tersebut didapat dari departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Anda bisa saja menuliskan form cuti secara manual lalu tinggal minta data sisa cuti ke departemen SDM. Setelah itu, form tersebut Anda bawa ke atasan Anda guna meminta persetujuannya. Hal tersebut tentunya sangat ribet dan kurang efisien.
Namun, jika saja Anda menggunakan SharePoint, Anda bisa melakukan hal-hal tersebut hanya dengan mengakses portal SharePoint dan mengisikan form yang ada didalamnya. Ketika Anda mengirimkan form tersebut, maka akan ada workflow yang bekerja. Melalui workflow tersebut, akan melakukan pengiriman email ke departemen SDM dan Anda bisa meminta persetujuan langsung pada pihak SDM dengan lampiran sisa cuti.
Data sisa cuti tersebut bisa didapat dari sistem lain seperti dari aplikasi SDM buatan tim IT ataupun aplikasi buatan produk terkenal seperti SAP, JDE, dan sebagainya. Bila telah disetujui pihak SDM, maka workflow akan mengirimkannya langsung kepada atasan Anda melalui email. Nah, selanjutnya Anda tinggal mengecek di SharePoint atau email Anda, apakah cuti Anda disetujui atau ditolak oleh atasan Anda.
Selain sebagai model untuk cuti, SharePoint juga bisa Anda gunakan untuk mengelola file seperti file MS Office maupun file lainnya. Cara kerjanya-pun hampir mirip dengan file sharing hanya saja SharePoint dilengkapi dengan fitur tambahan yang lebih powerfull, seperti sistem signature, hak akses, version, dan approval.
Intinya, SharePoint ini sering dan banyak digunakan dalam dunia bisnis dengan tujuan agar dapat membangun bisnis dengan cepat. Untuk itu, tak ada salahnya juga kita mencoba mempelajari SharePoint sedikit demi sedikit, yang mungkin nantinya akan berguna di masa yang akan datang.

Persiapan sebelum menginstall SharePoint 2013

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk tahap install SharePoint agar kinerja SharePoint bisa berjalan dengan maksimal.
1. Mesin yang akan digunakan untuk Domain Controller yang sebaiknya jika Anda menginstallnya di Windows Server 2012.
2. Mesin yang akan digunakan untuk database MS SQL Server dimana harus sudah join ke domain.
3. Mesin  yang diinstall Windows Server 2012 sebagai tempat untuk SharePoint. Pastikan juga sudah join ke domain dan terhubung ke internet.
Jika ketiganya sudah Anda siapkan, Anda tinggal mengunduh SharePoint di situs Microsoft, silahkan klik link http://technet.microsoft.com/en-us/evalcenter/hh973397.aspx. Setelah itu, Anda bisa memulai proses instalasi. Sebelumnya, pastikan jika mesin domain controller dan MS SQL Server telah siap.

Cara/langkah-langkah proses install Share Point

1. Install aplikasi apa saja yang mendukung SharePoint 2013 dengan mengunduh file dari aplikasi tersebut melalui internet. Untuk itu Anda harus terhubung ke dalam jaringan internet.
2. Bila sudah mengunduhnya, Anda bisa langsung install share pointnya. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
3. Bila semua aplikasi yang dibutuhkan sudah terinstall, Anda bisa menginstall SharePoint. Jangan lupa untuk memasukkan serial number lalu bila muncul sebuah agreement, klik saja accept untuk menyetujuinya.
4. Pilih lokasi tempat penyimpanan file SharePoint 2013.
5. Tunggu hingga prosesnya selesai, bila sudah centang pada Run The SharePoint Product Configuration Wizard Now.
6. Maka akan muncul jendela Wizard, klik Next untuk melanjutkan.
7. Proses selanjutnya ialah proses install SharePoint akan merestart beberapa service, di antaranya Internet Information Services. Maka akan muncul sebuah tampilan pembentukan awal dari sebuah farm SharePoint. Klik Create a New Farm.
8. Kemudian lakukan pengaturan konfigurasi pada database, seperti pengaturan passphrase, konfigurasi system central admin, dan pengaturan lainnya.
9. Setelah itu klik Next untuk melanjutan proses. Tunggu  hingga prosesnya selesai.
10. Bila sudah, maka proses install SharePoint kini sudah selesai. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan konfigurasi pada situs SharePoint.
Pada intinya, proses dari Penginstalan SharePoint 2013 tersebut membuat System Central Administration yang merupakan portal sebagai tempat untuk melakukan perngaturan dan konfigurasi pada SharePoint serta Site Collection, yaitu tempat dimana Anda bekerja sekaligus berkolaborasi dalam SharePoint.
Demikian informasi teknologi smartphone tentang Tutorial dan Cara Lengkap Install Share Point 2013 Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Internetan Gratis di HP Android Terbaru Tanpa ROOT.
Tutorial dan Cara Lengkap Install Share Point 2013 | sirot | 4.5