Android Solusi Untuk Serangan Ransomware WannaCry

Serangan Ransomware WannaCry – Menurut pemaparan Josh Feinblum, Wakil presiden keamanan informasi di Rapid7, Di seluruh dunia baru 7,1 dari hampir 1 miliar yang menggunakan aplikasi Nougat, yang lebih dikenal dengan Android 7.0.ini merupakan sisitim operasi terbaru dari sistem operasi mobile. Dari jumlah tersebut masih sepertiga yang menggunakanAndroid kitkat yang masih mengusung versi yang lebih tua keluaran tiga tahun lebih awal, hal ini menjadikan kelemahan di dalam perangkat dan rawan terserang virus.
Sementara Android tidak rentan terhadap ransomware WannaCry, namun ia bisa terbuka untuk serangan lainnya, termasuk insiden ransomware tertutup.

 

 Android solusi untuk serangan Ransomware WannaCry

serangan ransomware wannacry

Lalu, apa itu WannaCry dan bagaimana cara kerjanya? WannaCry (wcry) atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file: instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat program itu dibuka, komputer akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah di-encrypt, dan memberikan mereka tenggat waktu untuk membayar, dengan memperingatkan bahwa file mereka akan dihapus

Dalam hal ini pengguna Android tdk usah kuatir akan serangan WannaCry, itu dikarenakan begitu banyak Versi android yang berbeda- beda dan juga termasuk Versi yang diperkuat oleh perancang handphone seperti samsung ataupun LG, dari banyaknya versi tersebut sedikit banyak menghambat ancaman WannaCry untuk pengguna berada dalam serangan berskala luas.

Tapi untuk saat ini, ransomware WannaCry baru hanya sebatas serangan cyber di mana hacker mengunci komputer Anda dan meminta uang untuk memperbaikinya dan masalah ini yang ditemukan di Windows.

Inilah alasan kenapa Android relatif aman dari WannaCry:

1 . Update bulanan

Meskipun Microsoft menambal kerentanan keamanan yang telah bocor dari NSA pada bulan Maret, banyak sistem yang tersandera oleh ransomware tidak pernah memiliki kesempatan untuk mendapatkan upgrade tersebut. Hal itu karena ribuan komputer, termasuk yang digunakan oleh rumah sakit yang diretas di Inggris, masih berjalan di Windows XP.

Microsoft berhenti mendukung Windows XP dengan updatenya di awal 2014, sehingga banyak yang rentan terhadap malware baru dalam tiga tahun terakhir.

Google mengikuti filosofi yang berbeda dengan sistem operasinya yang lama. Sejak tahun 2015, pengguna Android yang menggunakan versi 4.4 menerima update keamanan bulanan. Mereka mencakup lebih dari 735 juta perangkat.

Jadi sementara seseorang yang menggunakan Samsung Galaxy Note S3 mungkin tidak mendapatkan fitur terbaru seperti Google Assistant, namun mereka tetap terlindungi dari kerentanan keamanan melalui dukungan Google.

2. Finansial keuangan

Untuk sekitar 100 juta pengguna Android yang masih rentan karena kurangnya update, ransomware mungkin tidak memasukkan
mereka dalam daftar.

Ada alasan mengapa serangan ini paling umum terjadi pada rumah sakit, bank dan bisnis. Mereka semua memiliki banyak uang, dan banyak data yang mereka butuhkan. Ketika catatan medis rumah sakit terkunci, orang-orang kehilangan layanan darurat.

“Mereka lebih cenderung menyerang mesin komersial dan perusahaan di mana seseorang akan membayar bitcoin untuk mengembalikannya,” kata Jacob Osborn, penasihat Goodwin’s Privacy + Cybersecurity. “Dengan Android, jauh lebih tidak mungkin.”

Ada data penting dalam sistem ini, yang jika hilang selamanya bisa menghabiskan biaya lebih banyak daripada uang tebusan yang dipasang hacker di komputer mereka. Sekarang lihat apa yang ada di telepon Anda. Tentu, jika dikunci, Anda bisa kehilangan foto atau kontak, namun orang tidak mau membayar US$ 300 untuk itu – terutama jika disinkronkan secara otomatis ke layanan awan seperti Google Photo.

3. Serangan terkendali

WannaCry menyebar dengan sendirinya melalui jaringan komputer menggunakan alat berbagi standar yang disebut Server Message Block. Jadi, jika satu orang di kantor Anda tergelincir, Anda semua terkena ransomware. Karena itulah WannaCry bisa menyebar dengan cepat, dengan variannya menginfeksi 200.000 komputer, sebelum kill switch pertamanya diaktifkan.

 

Android solusi untuk serangan Ransomware WannaCry

Solusi dari serangan ransomware wannacry

 

Baca Juga : Solusi Untuk Mengembalikan File atau Data Yang Hilang di Android

                      Melacak Nomor Telepon Melalui Laptop dan Handphone Android

Meski kebanyakan ponsel Android selalu terhubung online melalui operator, mereka tidak terhubung satu sama lain seperti komputer di kantor. Jadi jika rekan kerja Anda terkena ransomware di ponsel mereka, Anda tetap akan baik-baik saja, walaupun Anda mungkin ingin menolak semua file yang mereka coba kirimkan kepada Anda. “Kelemahannya unik untuk Windows,” kata Brenda Sharton, kepala Goodwin’s Privacy + Cybersecurity .

“Karena perangkat Android (dan kebanyakan smartphone) cenderung menjaga diri mereka sendiri, penyebaran malware hampir tidak akan secepat WannaCry,” kata Feinblum.

Demikian informasi teknologi smartphone tentang Android Solusi Untuk Serangan Ransomware WannaCry Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana unlimitechno. Baca juga artikel sebelumnya tentang Smartphone Android Over kapasitas Memori

Android Solusi Untuk Serangan Ransomware WannaCry | sirot | 4.5