Cisco Packet Tracer: Alat yang Diperlukan untuk Persiapan CCNA

Cisco packet tracker telah mengembangkan perangkat lunak hebat yang dikenal sebagai pelacak Cisco Packet tracker dan sangat penting bagi siapa pun yang akan mempersiapkan program CCNA atau yang lebih tinggi. Karena sangat sulit untuk memahami proses jaringan yang kompleks dengan berbagai perangkat dan interkoneksi dengan perangkat keras yang sebenarnya, Cisco Packet mengembangkan produk ini untuk membuat aplikasi untuk menambahkan fitur yang membuat debugging lebih mudah dipahami dan diterapkan dalam mengoperasikan perangkat. Oleh karena itu, seseorang dapat meng imput dan menyimpan data pribadi ke PC mereka tanpa harus ribet seperti yang dulu di lakukan secara manual.

 

Cisco Packet Tracer: Alat yang Diperlukan untuk Persiapan CCNA

cisco packet tracker diperlukan untuk persiapan CCNA

Baca Juga : Simulator Jaringan Cisco Tersedia Bagi Mahasiswa dan Fakultas

                       Dukungan BGP Baru di Packet Trace

Pelacak paket memiliki 2 mode – realtime dan simulasi.

Dalam mode perangkat realtime dijalankan seperti yang diharapkan dalam operasi normal. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyaring data tertentu, mengubah kecepatan transfer data, mengisolasi Data, menganalisis, memilih program dan mengimput data tertentu.

Di panel kiri bawah trdapat daftar perangkat seperti router, switch dan WAN, apabila di klik akan menampilkan fitur-fitur yang telah diproduksi Cisco Packet. Model router yang paling umum digunakan di CCNA adalah 2811 dan untuk switch 2960 digunakan.

Dengan cara mengarahkan dan mengeklik cursor ke jendela utama akan melakukan booting dan membuatnya siap untuk konfigurasi. Klik ganda itu akan membuka jendela baru yang akan mencantumkan spesifikasi perangkat keras yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda (seperti menambahkan modul baru seperti port ethernet). Ada mode config dan mode CLI.

Mode Config berguna untuk konfigurasi cepat perangkat sedangkan mode CLI mensimulasikan sesi konsol. Perangkat Cisco Packet dapat dikonfigurasi menggunakan kabel konsol dan sesi semacam itu disebut sesi konsol. Tentunya mode CLI memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menjelajahi fitur perangkat, tidak seperti mode config.

Aplikasi tersebut memuat fitur yang sangat detail dalam beberapa hal, misalnya memungkinkan Anda untuk melihat rincian item tertentu. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan kecepatan perpindahan fitur untuk debugging dan pemahaman yang lebih baik.

 

Cisco telah mengembangkan perangkat lunak hebat yang dikenal sebagai pelacak

aplikasi layer protocol, routing, OSPF

 

Misalnya, saya ingin tahu jenis pesan dan jalur apa yang diambil saat beberapa host memasang router. Yang perlu Anda lakukan adalah memulai mode simulasi dan melakukan ping ke tujuan. Mengklik tombol autocapture akan menampilkan “perjalanan” grafis dari paket. Anda juga bisa mengklik sebuah item kapan saja untuk melihat header dan rincian lainnya.

 

Cisco Packet Tracer: Alat yang Diperlukan untuk Persiapan CCNA | sirot | 4.5