Top 5 fitur Android O dari Google I / O 2017

fitur android o penerus Android 7.0 Nougat. telah di luncurkan bulan April, Google menggoda semua orang saat merilis preview pertama Android O,

OS masih belum memiliki nama resmi meski punya logo. Pratinjau itu cukup besar, walaupun kami tidak dapat melihatnya dengan baik, akan tetapi ketika mereka secara resmi meluncurkan pratinjau pengembang kedua di Google I / O 2017.

Berbeda dengan rilis sebelumnya, tidak banyak perubahan visual yang terjadi dengan Android O. Perancangan baru sistem operasi mobile Google ini terlihat sama dengan pendahulunya, Android 7.0 Nougat.

Saya pikir itu adalah hal yang baik karena insinyur mereka lebih fokus untuk menambahkan fitur baru dan memperbaiki detail kecil lainnya.

 

Lima fitur baru paling menarik yang akan kami lihat di Android 8,0 O

 

Top 5 fitur Android O dari Google I / O 2017

Androit O

 

Picture-in-Picture (PIP)

Fiturnya tidak sepenuhnya baru karena sudah menjadi fitur di Android TV, aplikasi Android lainnya, dan beberapa perangkat iOS. Tapi yang akan Google dapatkan adalah mereka akan menggabungkannya secara native dengan fitur Android O, sehingga akan memudahkan perangkat seluler generasi mendatang yang akan mendukungnya.

Seperti yang Dave Burke, VP Teknik, tunjukkan di Google I / O, PIP memungkinkan Anda menonton video YouTube saat menggunakan aplikasi yang sama sekali berbeda. Setelah tombol home ditekan, video akan menyusut ke dalam jendela kecil dan akan menggambang dari mana saja layar Anda dan di manapun Anda ingin meletakkannya.

Fitur ini bisa berguna saat Anda sedang menonton tutorial di YouTube dan ingin menuliskan catatan. Contoh lainnya adalah ketika Anda berbicara dengan seorang teman melalui video call dan Anda ingin melihat artikel berita yang Anda bicarakan di Google Chrome.

 

top fitur android part 1

 

Notification Dots

Sekali lagi, ini bukan pertama kalinya kami melihat fitur ini. Kami telah melihat iOS membuatnya populer dengan iPhone mereka. Banyak peluncur pihak ketiga Android dan UI buatan produsen mencoba meniru fitur perangkat lunak Apple, namun tidak satu pun dari salinan itu yang meniru dengan benar. Tapi sekarang, Google secara resmi mengadopsinya dengan fitur Android O. Mereka memanggilnya Notification Dots.

Selain dukungan resmi, Notification Dots memiliki beberapa fitur tambahan. Selain hanya memiliki titik kecil yang muncul di bagian atas ikon aplikasi tempat notifikasi baru yang telah diterima, Anda dapat lama menekan ikon aplikasi yang terkena dampak untuk memulai tindakan segera untuk meresponsnya atau dengan cepat memeriksa pemberitahuan apa saja.

 

Baca juga : NFC ( Near Field Communication )

 

Smart Text Selection

berikutnya terlihat sedikit menjanjikan. Teks penyorotan dan copy / pasting adalah fitur lawas untuk hampir semua perangkat yang ada saat itu dan sekarang, namun Google memberikannya facelift di Android O.
Dengan bantuan Google AI, Android O dapat dengan cerdas mendeteksi kata-kata yang akan Anda sorot dan menyarankan tindakan yang tepat untuk menggunakan karakter yang dipilih.
Jika Anda menyorot nomor telepon, OS akan secara otomatis menampilkan tombol panggil. Selain itu, jika Anda menyoroti sebuah alamat, Anda akan secara otomatis memnampilkan opsi untuk memeriksanya di Google Maps. Yang lebih menarik adalah Anda hanya perlu memilih satu kata dan secara otomatis akan menyoroti alamat lengkap untuk Anda.

Auto-Fill

Apakah Anda selalu menggunakan perangkat yang berbeda setiap saat (Seperti yang kita lakukan saat meninjau gadget)? Dan apakah Anda bosan selalu mengetikkan detail akun Anda di semua aplikasi media sosial Anda? Nah, fitur Android O baru ini akan menjadi kabar baik bagi kita semua.
Fungsi pengisian otomatis, yang saat ini hanya tersedia untuk peramban web Anda, sekarang dapat berfungsi secara native di aplikasi ponsel cerdas. Fungsi pengisian otomatis baru ini memungkinkan aplikasi media sosial seperti Twitter, Instagram, dan lainnya mengeluarkan rincian akun yang tersimpan dari browser. Ini berarti akses yang lebih cepat dan mudah ke akun karena Anda tidak perlu mengetikkan username dan password Anda setiap saat.

 

Vitals

Yang terakhir ini sebenarnya terdiri dari tiga fitur. Vitals, seperti yang Google sebut di fitur ini, menggabungkan alat yang dibutuhkan untuk membantu semua aspek penting: keamanan, baterai, dan kinerja optimal. Beberapa komponen Vitals akan diimplementasikan tidak hanya di Android O, tapi juga di versi laman lainnya.

Google memindai 50 miliar aplikasi terinstal setiap hari dan menghapus / menonaktifkan aplikasi setelah mereka merasa berpotensi berbahaya. Perusahaan telah menerapkan fitur ini untuk beberapa waktu mendatang, namun banyak pengguna tidak benar-benar menyadarinya karena mereka melakukannya di balik layar. Jadi, untuk memberi pengguna kenyamanan mengakses, mereka telah memperkenalkan Google Play Protect, yang disematkan langsung di aplikasi Google Play.

Baca juga : Samsung Galaxy S8 Plus – ponsel Android yang Anda butuhkan

Ada juga fitur internal baru yang disebut Wise Limits, yang pada dasarnya mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. kemudian akan mencoba menghentikan aplikasi agar tidak bisa menutup laman dan menghemat baterai.

Dan cabang terakhir Vitals adalah Play Console Dashboard. Kini, fitur ini dibuat untuk para pengembang, namun tetap saja akan bermanfaat bagi pengguna. Perangkat lunak baru ini menganalisis aplikasi dan kemudian menunjukkan enam masalah utama yang dimilikinya. Data yang dipulihkan darinya bisa menjadi referensi bagi pengembang saat memperbaiki aplikasi, sehingga menguntungkan orang-orang yang menggunakan produk mereka.

Android O Release Date

Fitur Android O masih menjadi unggulan bagi pengembang pada saat ini. Namun, dikatakan bahwa versi resmi akan tersedia untuk perangkat Google (Pixel, Nexus, dan Android One) di mana saja antara bulan Agustus dan September. Jika Anda tidak memiliki ponsel cerdas Google, Anda mungkin mengharapkan update Android O akhir tahun ini. Tapi untuk lebih realistis, tunggu tahun depan.

Adaptasi perangkat selalu menjadi masalah dengan Android. Seperti yang kita lihat sekarang, banyak handset yang baru dirilis masih memiliki Android Marshmallow pada mereka, sementara perangkat yang lebih tua baru saja mulai diperbarui ke Android Nougat meski ada ketersediaan Android O.

Top 5 fitur Android O dari Google I / O 2017 | sirot | 4.5